Wednesday, April 11, 2012

Pranatan

    Apa sebenarnya yang membedakan manusia dan hewan?
hewan tidak kenal berbagai aturan hidup yang disebut tatanan moral. ia hidup sesuai kodrat nya makan makanan tidak perlu bertanya punya siapa, apa yang dimakan, bagaimana cara menikmati makan, dls.
ketika merasa lapar apa yg menjadi makananya langsung santap hingga habis tandas tanpa perlu toleransi, dan ia juga tidak perlu bertanya atau menanyakan hari apa, baik atau buruk, yang penting ada terang di namai siang dan gelap tanda harus tidur. 
sementara itu yang namanya manusia, mau makan karena lapar ia perlu bertanya makanan ini milik siapa, halal atau haram, cara menikmati makanan perlu tempat yang bersih, sehat, berseni misalnya membutuhkan tempat seperti piring atau alas daun yg telah disterilisasi, minum menggunakan gelas, suasana dibuat senyaman mungkin agar makanan yang disantap dapat menyegarkan badan. pun pula perlu melihat dan bertanya mengenai hari sebagai bentuk pengetahuan yang begitu rumit. Dan hal membuat manusia bangga k`rena ia bisa membaca penanda yang diberikan oleh alam untuk membedakan bahwa saat ini dan esok ada bedanya tidak hanya siang dan malam saja.
hal itu merupanan bentuk penanda moral yang membedakan antara manusia dan hewan. menyikapi keadaan yang maju pendidikan sudah modern, tapi yang perlu dipertanyak apa ukuran standard moral yang perlu di yakini sebagai suatu bangsa yang diberi ajaran moral oleh leluhurnya? ........ bersambung lah

No comments:

Post a Comment